About Me

Foto Saya
Rendra Mahardhika Putra
Hidup adalah Perjuangan jangan kau sia-siakan Hidup yang ber arti ini. Belajar Blogging, Kehidupan mencari Berita , Belajar Mandiri Dengan daya pikir.Merubah pikiran terbatas membuat tak terbatas dengan Kreatifitas yang sangat Pekat.
Lihat profil lengkapku

Senin, 28 September 2009

GINJAL / KIDNEY ORGAN TERPENTING TUBUH

How Kidney works 5 Tahukah Anda bahwa ginjal adalah salah satu organ terpenting dari tubuh kita, yang memiliki peran sama pentingnya dengan organ-organ lain didalam tubuh kita?
Didalam teori keseimbangan Yin dan Yang bangsa Tinghoa ginjal dilambangkan dengan air,yang ternyata alam dan tubuh kita memiliki kesamaan.

Ginjal merupakan salah satu dari 5 organ eskresi yang dimiliki manusia. Memiliki panjang 12 cm, tebal 3 cm, lebar 7 cm, dan berat sekitar 135 gram.Ginjal terletak didalam organ perut bagian atas dari saluran cerna, tepatnya didepan organ pankreas yang mengatur keseimbangan gula didalam darah,dilindungi oleh tulang rusuk bagian bawah. Bila kita amati bentuk ginjal mirip bentuk kacang merah, berukuran besar, berjumlah 2 buah terdiri dari ginjal kanan dan ginjal kiri

Ginjal berfungsi mengatur keseimbangan kimiawi cairan didalam tubuh kita, mengatur kadar garam, mineral, dan cairan tubuh untuk mengendalikan keasaman darah sekaligus berfungsi sebagai sistem pembuangan residu cairan tubuh melalui saluran kencing.
Bila kita amati lebih dekat lagi ternyata ginjal memiliki bagian-bagian yang rumit, terdir dari :

  1. Kelenjar adrenalin, kelenjar anak ginjal yang berfungsi membantu kerja ginjal secara optimal,mengeluarkan cairan hormon adrenalin.
  2. Arteri renalis, pembuluh yang membawa darah untuk disaring
  3. Vena renalis, pembuluh yang membawa darah yang sudah disaring
  4. Calyces, ruang berongga pengumpul urine
  5. Ruang ginjal
  6. Korteks, kulit ginjal
  7. Medula, sumsum ginjal
  8. Ureter, saluran seperti selang untuk mengalirkan urine dari ginjal ke kantung urine


AIR DAN PERAN GINJAL

Tahukah Anda bahwa tubuh kita terdiri atas 70% air sama prosentasenya dengan jumlah air di bumi kita. Bila jumlah prosentase air didalam tubuh berkurang maka berbagai macam penyakit akan tumbuh berkembang, sama halnya dengan alam yang berbicara melalui bencananya.
Air yang berada di dalam tubuh kita sebagian besar berupa cairan darah, yang berfungsi mengangkut nutrisi keseluruh jaringan sel.Peran ginjal adalah menyaring 25% dari suply darah pada setiap detak jantung kita.

TERBENTUKNYA BATU GINJAL

Tubuh kita membutuhkan nutrisi yang baik dalam jumlah yang seimbang.Nutrisi tersebut bisa berupa karbohidrat, protein, lemak dan mineral.
Tubuh kita ternyata hanya bisa menerima nutrisi yang bersifat alami atau organik, lalu bagaimana dengan mineral yang tidak alami atau anorganik? Tubuh hanya bisa menyerap mineral anorganik sekitar 20 hingga 30% saja, sisanya 70% mengendap disetiap lekukan pembuluh darah atau mengendap di dalam ginjal dan membentuk kristalisasi karang, mengeras berbentuk batu di dalam ginjal.
Batu ginjal yang berukuran kecil masih dapat kita hilangkan dengan cara terapi dengan mengkonsumsi air air dalam jumlah yang cukup yaitu sekitar 8 gelas perhari atau 2,5 liter air untuk melarutkan partikel berukuran kecil, atau dapat juga dengan cara mengkonsumsi herbal-herbal alami peluruh batu ginjal. Akan tetapi bila batu ginjal membesar maka tindakan medis harus dilakukan dengan cara operasi mengeluarkan batu dari ginjal atau dengan cara sinar laser untuk memecahkan batu tersebut.

GAGAL GINJAL

Dalam mengatur keseimbangan kimiawi cairan dalam tubuh ternyata ginjal dapat mengalami kerusakan. Hal-hal yang menyebabkan kerusakan ginjal adalah :

  1. Gangguan pada bagian organ ginjal, misal berkurangnya produksi hormon pada kelenjar adrenalin dan penyempitan pada pembuluh darah arteri renalis atau pembuluh darah vena renalis.
  2. Timbulnya pembengkakan pada ginjal disebabkan serangan tumor atau kangker yang merusak bagian-bagian organ ginjal
  3. Kurangnya konsumsi air, sehingga terjadinya ketidak seimbang kimiawi cairan tubuh.
  4. Beratnya kerja ginjal.
Kerusakan ginjal bisa 1 buah ginjal atau kedua-duanya yang sering diistilahkan gagal ginjal atau gagalnya ginjal menjalankan fungsinya sebagai pengatur keseimbangan atau penyaring sirkulasi darah. Orang yang mengalami gangguan gagal ginjal berakibat pembengkakan di sekujur tubuhnya, karena darahnya telah tercemar olah cairan kimiawi yang tidak dapat di saring oleh ginjal. Penanganan rutinnya dilakukan dengan cara sesering mungkin cuci darah, mengganti darah lama dengan darah baru yang didapat dari para pendonor darah, atau berusaha mengganti ginjal baru yang diambil dari ginjal orang lain dengan biaya yang sangat-sangat mahal, kalau sepengetahuan saya di Negara Cina untuk mengganti ginjal baru biayanya berkisar Rp.500 juta.

BAGAIMANA CARA KITA MERAWAT GINJAL KITA

  1. Minumlah air minimal 8 gelas perhari atau 2,5 liter air untuk menjaga keseimbangan prosentase 70% air didalam tubuh kita.
  2. Minumlah air yang kadar mineral anorganiknya rendah untuk menghindari terbentuknya batu ginjal
  3. Hindari minuman-minuman berkarbonasi dan beralkohol yang dapat mempercepat osteoporosis tulang, berujung pada kristalisasi batu ginjal.
  4. Atur hidup dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna
  5. Olah raga teratur
  6. Istirahat yang cukup
  7. Konsumsi nutrisi organik yang seimbang
  8. Hindari stress, atur keseimbangan hidup
  9. Selamat menikmati hidup

0 komentar:

Popular Posts

 

Blog Archive

New Tutorial

Follow Us With Facebook

Labels

Agama (10) Artikel (52) Belajar (28) Berita (116) Bisnis (12) Computer (23) CPNS (1) Diary (21) Driver (1) Gallery (14) Gambar (18) Game (2) Gosip (1) Hacking (17) Holiday (10) Kehidupan (19) Kesehatan (13) Linux (1) Lyric (2) Mendaki (1) Mobile (14) Movie (14) MUSIC (6) Pasang Iklan (1) Personal (5) Remaja (27) Resep Makanan (3) Sains (26) Soal (1) Software (55) Template Blogger (1) Tips (52) Trik (47) Unik (41) Widget (5)
Copyright© 2011 Blaack Master | Template : Rendra' |
Template Transparant: Blogger